Selasa, 13 Agustus 2019

Game Level 5 Hari Keenam - Reading Time ♡

Assalammualaikum readers,

Alhamdulillah meskipun di sela-sela kesibukan persiapan manasik haji anak-anak namun, aku masih bisa ber-me time dengan membaca e-book.

Baiklah readers, kali ini aku mau berbagi tentang surat kabar yang ku baca. Judulnya "Mengelola Kelas, Memanusiakan Hubungan". Sebenarnya aku sudah membaca SKGB edisi 7 ini. Tapi bahasannya yang menarik membuatku ingin membaca terus sebagai sebuah reminder. Nah readers, ngomong-ngomong tentang "Memanusiakan Hubungan", aku jadi ingat TPN 2018 lalu. Kebetulan tema yang diangkat adalah Memanusiakan Hubungan.

Cuusss, ku lanjut ya.
Jadi garis besar di SKGB ini adalah tentang sebuah manajemen kelas. Kalau kita berbicara tentang manajemen, hampir semua dari kita paham bahwa manajemen adalah jantung dari suatu sistem. Nah hubungannya mengelola kelas dan memanusiakan hubungan apa dong?

Guru yang memanusiakan hubungan,
sejak awal merencanakan pengajaran
yang berfokus pada hal yang relevan
dan memancing keterlibatan aktif murid.
“Memanusiakan hubungan mestinya dilandasi
ketulusan dan keadilan, hanya itu yang mungkin
menumbuhkan iklim kelas yang positif”.

Sampai di sini sudah paham kan? Dari suatu hubungan yang dimanusiakan akan timbul sebuah iklim yang positif. Sebab murid kita bukanlah botol kosong yang hanya dijejal materi dan target. Tapi juga perlu sebuah kenyamanan interaksi dan perhatian. Dari situlah kelas yang baik tercipta. Hubungan yang baik, menghasilkan apa yang disampaikan guru dapat terserap dengan baik pula.

Salah satu bahasan di SKGB ini yang menarik adalah bagaimana memulai kelas yang keren dengan 3 kegiatan awal menyenangkan. Yang pertama adalah membakar emosi negatif dari sebuah kertas, lalu ember kertas yang berisi apa yang masih siswa ingat tentang materi yang lalu dan melakukan kalimat penggoda. Kalimat penggoda di sini adalah pola kalimat yang memacing murid agar antusias terhadap yang sebenarnya adalah intruksi sederhana.

Mataku seperti berbinar ketika aku membaca tentang hal seperti ini ♡
Sekian cerita dariku.

#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar