Minggu, 11 Agustus 2019

Game Level 5 Hari Keempat - Reading Time ♡

Assalammualaikum readers 

Ied Adha Mubarak 1440 H♡

Alhamdulillah, Idul Adha tahun ini bisa berkumpul bersama keluarga dan melaksanakan kewajiban. Allahu Akbar walillahilham ♡

Meskipun masih dalam nuansa bersate-sate ria nih readers, tetap ku sempatkan untuk membaca sih. Meskipun sekali lagi aku lebih suka e-book hehe. E-book yang ku baca kali ini berjudul "Komunitas Guru di Mancanegara", si penulis adalah salah satu peneliti yang mengumpulkan data Komunitas Guru di Estonia, Ceko, Korsel dan Eropa. Waahh keren ya bisa jalan-jalan ke seluruh dunia 😍 Btw aku juga daridulu punya mimpi untuk ke Finland. Semoga bisa terwujud segera aamiin.

Ku cerita sedikit tentang beberapa negara yang dibahas ya. Masuk ke Estonia dulu. Jadi di negara ini ada sebuah komunitas namanya Future School Progamme, awalnya komunitas ini dibentuk oleh Tallinn University sebagai pendampingan sekolah di sana untuk lebih meningkatkan pendidikannya. Keren ya. Lalu di Eropa ada Scientix Community seperti wadahnya para guru science untuk berbagi utamanya di bidang STEAM. Masih ada lagi di Korsel ini Teacher Community, hampir mirip seperti KGB di Indonesia yang memfasilitasi belajar secara daring maupun luring.

Nah readers,
Komunitas-komunitas guru yang dipaparkan di situ biasanya dikelola pemerintah atau project pemerintah, sehingga memang secara tidak langsung rekomendasinya diperhatikan untuk kebijakan. Atau sebaliknya komunitas guru dibentuk untuk mengimplementasikan konsen baru atau kebijakan baru. Selain itu, komunitas belajar biasanya sangat lokal, di sekolah atau diorganisasi sehingga jarang yang targetnya sampai mendoronng kebijakan negara. Jadi keunikan KGB justru terletak pada jaringan antar KGB di seluruh Indonesia ini.

Keren lah bahasan e-booknya. Bisa membuatku membayangkan keliling dunia dan ternyata di seluruh dunia juga memiliki para penggerak guru masing-masing. Bismillah, semoga saya dan para teman guru dapat membawa KGB Semarang jauh lebih berdaya ♡

#hari4
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar