Kamis, 15 Agustus 2019

Game Level 5 Hari Kedelapan - Reading Time ♡

Assalammualaikum readers,

Selamat malam ♡

Rasanya aku segera ingin ke Jakarta. Aku rindu ♡

Readers, setuju kan? Apabila orangtua dan guru adalah pendidik? Pernyataan
normatif yang seringkali kita dengar. Tapi apakah relasi orangtua dan guru telah menggambarkan relasi dua pendidik yang dewasa dan mengarahkan pada tujuan yang sama? Meski saling mengenal, tapi seringkali komunikasi orangtua dan guru terbatas pada komunikasi formal dan
hanya bila ada kepentingan, tanpa mengenai sisi personal kedua belah pihak.
Meski mempunyai tujuan yang sama dalam mendidik anaknya tapi seolah guru dan orangtua berjalan sendiri. Padahal berjalan berdua lebih indah #eh.

Nah, readers. Buku yang kubaca selanjutnya adalah SKGB tentang Melibatkan Orangtua di Sekolah. Kebetulan aku juga pernah mengikuti kelas ini saat TPN kelas kemerdekaan lho. Ketika itu aku masih ingat bahasan kami adalah tentang Buku Komunikasi Orangtua. Tak lain dan tak bukan manfaatnya adalah saling terkoneksinya orangtua dan guru dalam persiapan mendidik anak. Biasanya terkait apa yang sudah dipelajari anak hari ini yang bisa dikembangkan orangtua di rumah.

Di SKGB ini aku mengambil beberapa point bagaimana agar menjalin komunikasi dengan orangtua. Di antaranya yaitu jujur, adìl dan faktual, berpikir positif, menjadi pendengar yang aktif, luangkan waktu dan posisikan diri sebagai partner. Saya masih ingat kata-kata Pak Bayu bahwa alam akan bertindak sesuai prasangka kita. Termasuk pun orangtua, apabila kita menyetting mindset kita bahwa orangtua adalah pratner, maka tidak akan ada label negatif yang merusak jembatan keduanya.

Selain itu kita juga bisa melakukan service excellent pada orangtua dan murid dengan C2S. Ceritakan apa yang terjadi dengan anak. Senyum ketika bertemu dengan orangtua. Serta S yang terakhir yaitu Sapa, sapa ketika orangtua menjemput murid kita.

Nah sekian dulu ya♡

#hari8
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar