Rabu, 14 Agustus 2019

Game Level 5 Hari Ke tujuh - Reading Time ♡

Assalammualaikum readers,

Alhamdulillah ♡ manasik haji SOL LP berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Ku ucapkan pula Selamat Hari Pramuka untuk Pramuka se-Indonesia ♡

Nah, readers hari ini aku akan berbagi tentang buku yang aku baca. Sebenarnya kebiasaan seorang Oca adalah membaca, mempraktikkan serta mengalami suatu kejadian, membaca lagi hal yang sama baru kemudian merefleksi hal tersebut. Sampai akhirnya aku akan bilang "AHA, itu toh yang dimaksud". Panjang juga ya prosesnya hehe. Tapi inilah diriku dan aku bahagia belajar dengan seperti ini. Okay readers, jadi sebuah bacaan yang ku baca (lagi) adalah SKGB edisi 6 dengan Tema Merdeka Belajar. Jika berbicara tentang Merdeka Belajar tentu aku sudah mendengarkan sangat lama. Mungkin sekitar 2 tahun lalu. Tapi bagaimana dengan esensinya? Untuk benar- benar memahami dan terus hidup dengan merdeka belajar prosesnya berjalan kurang lebih 1 tahun dan direfleksi dengan TPN 2018 lalu. Lama kan? 😃

Lanjut yak...

Kenapa guru harus belajar?

Setujukah jika guru harus belajar dengan sesama rekan guru?

Setujukah jika murid kita adalah para pembelajar terbaik? Jadi, kenapa kita harus memaksakan mereka dalam hal belajar?

Bagaimana ciri murid yang merdeka belajar?

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harusnya dipahami oleh seorang guru. Ya, termasuk diri saya sendiri.

Untuk pertanyaan 1 - 3 mari kita jawab dalam hati sebagai sebuah renungan. Aku yakin jauh dari lubuk hati kita semua tahu jawabannya.

Kita masuk ke bagaimana sih ciri murid yang merdeka belajar? Pertama, murid yang merdeka belajar adalah yang punya komitmen belajar pada dirinya sendiri, dia tahu target yang ingin dia kuasai. Kedua, dia mandiri dan paham strategi apa yang harus dia pakai untuk memahami suatu materi. Dan yang ketiga adalah dia tahu kekuatannya, bagian mana yang harus dia kembangkan.

Bagaimana? Siapkan kita membantu murid kita? Bukankah guru itu juga seorang motivator, psikolog, teman curhat, penari, pedongeng dsb? 😊

Sekian ceritaku ♡

#hari7
#tantangan10hari
#gamelevel5
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar