Rabu, 24 April 2019

Melatih Kemandirian - Game Level 2 Hari Pertama

Assalammualaikum readers,

Alhamdulillah Game Level 1 sudah terlewati dan ku sudah mendapatkan badge YE (You're Excellent). Hore... hore... hore... hore! Hehe :D
Semoga semakin belajar untuk jadi Ibu Profesional aamiin.

Nah, di hari Kamis, 25 April 2019 ini Oca akan sharing cerita hari ini tentang Melatih Kemandirian. Yaps, materi di Game Level 2 ini adalah tentang melatih kemandirian anak. Anak? Hehe. Kalau untuk kelas Pra nikah ini sih subjeknya adalah kita sendiri, sebab kita kan anaknya orangtua kita hehe.

Melatih Kemandirian...

One week one skill hehe. Kali ini ku akan sedikit sharing tentang critical thinking skill yang ku latih hari ini. Nah readers, kebetulan minggu ini adalah minggu-minggu sibuknya para kakak fasilitator. Kenapa sibuk? Iya hehe karena minggu ini adalah minggu deadline pengumpulan soal PAS (Penilaian Akhir Semester). Di sekolah kami, beberapa kelas rendah memiliki satu kakak kelas dan satu kakak pendamping. Untuk kelasku memang belum. Terkait pembuatan soal PAS, ini memang merupakan tantangan bagi seorang guru baru sepertiku. Aku harus membuat 15 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Dan kesemuanya itu berbentuk HOTS (High Order Thinking Skill) alias berpikir tingkat tinggi. Nggak kayak soal zamanku dahulu soalnya hehe.

Sebagian kakak fasilitator membuatnya setengah, kemudian meminta bantuan kakak pendamping untuk menyelesaikannya. Dengan segala kesibukanku kadang aku merasa lelah. Apalagi bulan ini banyak menjadi panitia event baik di Salatiga maupun Semarang. Namun, aku berusaha tetap mandiri menyelesaikannya sendiri. Membuat soal berpikir tingkat tinggi ini. Mencoba mencari good moment dan good place untuk fokus menumbuhkan ide soal berpikir tingkat tinggi. Dan dari cicilan kemarin, ku selesaikannya hari ini.

Alhamdulillah pukul 10.00 selesai sudah 6 paket soal PAS untuk anak-anak kelas 2. Tahap selanjutnya adalah masuk ke seleksi silang.

Hari ini aku belajar untuk mengasah critical thinking skill ku yang ku tuangkan dalam bentuk-bentuk soal PAS. Pun dalam pengerjaannya ku berusaha menyelesaikannya sendiri karena ini adalah tanggung jawabku.

Yeaay, selesai sudah game level 2 perdanaku. See you on next story :D

#hari1
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar