Selasa, 18 Juni 2019

Game Level 3 Hari Keenam - My Family My Team

Assalammualaikum readers,

Sudah hari Selasa aja ya, hari demi hari menuju penerimaan rapor dan graduation semakin dekat hehe.

Nah readers, kali ini di day 6 Oca akan bercerita tentang kisah Oca dengan project yang sudah keluarga kami laksanakan beberapa tahun. Readers, di tulisan Oca beberapa waktu yang lalu Oca sudah sharing kan ya bahwa Oca tinggal di rumah budhe dan pakde yang merupakan founder dari Bank Sampah Wares (Waras Resik) .

Sedikit cerita ya readers bahwa gagasan bank sampah ini bermula sejak budhe dan pakde pertama kali pindah dari Ambarawa menuju Salatiga. Di awal berdirinya tentu tidaklah mudah, banyak tantangan yang datang seakan-akan seperti ketika kita mengarungi samudra dan akan banyak gelombang ganas yang siap menghadang dan mengkaramkan kapal kita. Namun semangat budhe dan pakde begitu berkobar. Menuju kota Salatiga yang bebas sampah. Apa yang diubah? Tentunya mindset dan kebiasaan masyarakat sekitar. Menjadi masyarakat yang mengurangi sampah, memilahnya secara cerdas dan mendaur ulangnya menjadi barang yang bernilai jual lebih.

Readers, sejak 7 bulan kedatanganku di sini, budhe dan pakde sudah mengajarkanku tentang gaya hidup minim sampah. Maka dari itulah project rumah minim sampah ini terus berjalan. Beberapa hal yang sering kami lakukan berempat dalam menciptakan rumah minim sampah cukup sederhana. Pertama, kami sering membawa tumblr minum kemana pun. Kedua, kami terbiasa membuat ecobrick untuk sampah-sampah plastik mie instan, minuman dan lainnya. Kemudian setiap beberapa minggu sekali atau ketika ada pelatihan, budhe akan mengajarkan untuk membuat berbagai kerajinan dari barang bekas, dan masih banyak lagi.

Itulah cara kami dalam mencintai alam, dalam memupuk kecerdasan naturalis. Sampahku, tanggung jawabku.

Sampai jumpa di kisah project selanjutnya ♡♡

#hari6
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar