Jumat, 29 Maret 2019

Game Level 1 hari kedua - Komunikasi Produktif

Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah, yeaay kita menapaki hari kedua di game level 1. Nah karena hari ini saya masuk sekolah, sesi hari ini adalah komunikasi pada anak. Agenda saya hari ini adalah menemani anak yang berbeda tingkat kelas, ya. Pada pukul 08.00 – 10.00 saya membersamai kelas 6 menjadi pengawas tryout kecamatan. Sedangakan di pukul 10.00 – 10.45 saya membersamai siswa saya di kelas 2.

Okay, alhamdulillah saya banyak belajar hari ini. Terbayang kan menjaga tryout itu membosankannya seperti apa? Stay di dalam ruangan, mengamati, hehe maksudnya saya terbiasa heboh dalam mengajar anak-anak. Ini harus ‘stay cool’ alias kalem dan tegas hehe. Anak-anak Cirro Cumulus hari ini sedang mengerjakan Tryout Pendidikan Agama Islam. Dan sebagian besar dari mereka hanya butuh waktu mengerjakan satu jam saja lhoh. Nah sisanya? Ada yang masih mengerjakan, mengoreksi lagi pekerjaannya, tidur, menggambar, dan lain-lain.

Nah, mungkin karena mereka juga bosan menunggu dan merasa jawabannya sudah final akhirnya mereka asyik ngobrol dengan temannya. Pelan-pelan saya ajak bicara mereka.

“Mas, Mbak silahkan ditahan dulu ngobrolnya. Koreksi lagi pekerjaannya.”
“Sudah kok kak,” jawab salah satunya.

Lalu mereka kondusif namun, beberapa menit berselang obrolan dengan teman kembali berlanjut dengan cukup keras.

“Mas, Mbak, di USBN nanti pengawasnya dari sekolah lain lho. Mau diperingatkan atau tenang?”
“Tenang kak,” jawab mereka serempak.
“Pinter, Cirro Cumulus bisa kok mengerjakan dengan tenang.”

Kring... kring... kring... kring

Akhirnya mereka pun tenang hingga bel keluar ruangan berbunyi.

“Tuh kan Cirro Cumulus hebat bisa tenang sampai bel keluar berbunyi.”
“Hehe iya kak makasi udah diingetin, doain kita lulus dengan memuaskan ya kak.”
“Iya pasti, aamiin.”

Akhirnya usai mendampingi kelas 6 tryout, pulanglah saya menuju kelas saya yaitu kelas 2 hehe. Kebetulan saya diberi kue cookies yang cukup banyak dari admin kemudian saya tawarkan  ke anak-anak karena sepertinya mereka kurang kenyang dengan bekalnya hehe. Dan setelah perut kenyang alias lambungnya nyaman Finnaly, I Get The Right Time deh. Merekabisa fokus sambil saya ingatkan kembali kesepakatan kelas. Lanjut ke sedikit menyampaikan materi tentang waktu sebelum pulang.

Pukul 10.45 nih waktunya pulang. Kami mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdallah dan doa penutup majelis. Nah, ternyata yang piket hari ini banyak yang tidak berangkat karena acara ataupun sakit.

“Temans, yuk bantu wira dan kaka.”
“Okay kak.”

Akhirnya mereka saling membantu temannya melipat karpet dan beberes kelas.

“Waah, keren Alto Cumulus saling membantu temannya. Hati-hati pulangnya.”
“Daa Kak Rosa.”

Alhamdulillah, mereka sangat nice hari ini hehe. Nilai yang didapat untuk pelajaran hari ini adalah KISS, choose the right time, jelas dalam memberikan pujian, dan ganti perintah dengan pilihan.

See you di game level hari berikutnya.

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar