Sabtu, 30 Maret 2019

Game Level 1 Hari 3 - Komunikasi Produktif

Bismillahirrahmanirrahiim

Learning Journey  2019 School of Life Lebah Putih telah tiba yeay. Yaps, hari ini kami keluarga Lebah Putih akan melaksanakan Learning Journey. Pada LJ kali ini tujuan kami ada ke 2 tempat wisata, yaitu SMK Raden Umar Said Kudus dan Museum Jenang Mubarok.

Let's go! Nah trip kali ini kami awali dengan berkumpul bersama untuk mendengarkan pengarahan di lapangan sekolah tepat pukul 05.30 uwaaww pagi banget ya. Tapi meskipun sepagi itu ternyata anak-anak kami datang tepat waktu. Peserta LJ kali ini adalah siswa kami kelas 2 sampai 4.

Lanjuttt....

Kebetulan saya naik elf nih dan anak-anak ada di bus dengan 3 pendamping. Dan pada pukul 08.30 kami sudah sampai di tempat tujuan pertama yaitu SMK Raden Umar Said. So extra ordinary! Persis kayak di channel Youtubenya. Keren! Sekolah ini punya studio animasi sendiri dan studio ini dijadikan sebagai workshop  anak-anak berkarya. Dan amazingnya beberapa karya yang sering kita lihat di televisi ternyata juga merupakan karya dari anak-anak RUS lho. Bangga deh.
Nah, ketika selesai mendengarkan penjelasan dan melihat hasil karya siswa siswi SMK RUS, anak-anak diajak untuk mengerjakan challenge. Pada challenge kali ini anak-anak diminta untuk membuat animasi doraemon 2D melalui aplikasi paint. Dan masing-masing kakak pendamping akan mengarahkan anak-anak dalam mengerjakan challenge ini.

"Mas, mbak buat lingkaran kepalanya dulu ya."
"Iya kak"

Sampai akhirnya mereka menyelesaikan pembuatan bentuk demi bentuk kini tiba saatnya untuk proses pewarnaan.

"Mas, mbak diwarnai sesuai karakter doraemon ya"
"Siap kak. Yeay udah jadi."

Setelah selesei dengan animasi 2D doraemon mereka dan para pemenang gambar terbaik diumumkan. Anak-anak melajutkan studinya di ruang animasi 3D. Di sini anak-anak diberi informasi mengenai pembuatan animasi 3D yang ternyata sangat rumit. Maka dari itu anak-anak belum diperbolehkan untuk mencoba karena prosesnya yang begitu rumit dan cocok dikerjakan oleh kelas 2 SMK ke atas. Di saat yang teman yang lain mendengarkan, ada seorang anak yang bermain-main dan menyentuh pulpen animasi komputer. Seketika ketika saya melihat langsung saya dekati dia.

"Mas, tolong pulpennya diletakkan ya"
"Iya kak"

Akhirnya dia mengerti dan menjaga tangannya hingga waktu kunjungan di SMK RUS selesai.

Dari SMK RUS kami bertolak menuju kediaman salah satu wali murid untuk makan siang dan istirahat sholat.
Tetiba saya dilapori oleh dua orang anak.

"Kak, kamera ku hilang."
"Lho, bagaimana kronologinya. Coba ceritakan pada kakak."

Dan setelah kedua anak ini menceritakan kronologi yang terjadi. Maka akhirnya saya menanggapi.

"Mas, kakak sudah pernah mengingatkan untuk bertanggung jawab terhadap barang bawaan maupun pinjaman. Nah, berarti hari ini kita sudah belajar  tentang tanggung jawab terhadap barang bawaan dan barang pinjaman. Lain kali lebih berhati-hati ya."
"Iya kak," jawab mereka berdua.

Dan sebagai penutupnya kami mampir ke oleh-oleh Museum Jenang Mubarok. Dan perjalanan kami lanjutkan kembali menuju Salatiga. Alhamdulillah kami sampai di Salatiga dengan selamat.

Nah, Hari ini saya belajar KISS,  Keep Information Short and Simple,
Kendalikan suara dan suara ramah anak, dan
Fokus pada Solusi bukan pada masalah.

Yeaay alhamdulillah, Good Job Oca . Tunggu cerita saya selanjutnya .

#hari3
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar