Senin, 01 April 2019

Game Level 1 Hari Kelima - Komunikasi Produktif

Bismillahirrahmanirrahiim

Semangat pagi! Semangat Senin! :D
Waahh, hari ini 6 teman Alto Cumulus tidak masuk sekolah karena sakit dan capai. Semoga diberikan kesembuhan dan dapat bermain kembali dengan teman-teman di kelas aamiin.

Nah, karena tidak ada assembly untuk hari ini maka setelah sholat Dhuha maka anak-anak akan detective sampah dan bersih-bersih serta mengunjungi perpustakaan untuk literasi time. Ketika bel pertama berbunyi anak-anak Alto Cumulus langsung mengambil air wudlu dan bersiap-siap sholat Dhuha. Jamaah Dhuha kali ini dipimpin oleh mas Yaafi. Usai sholat, kami berdzikir dan doa bersama untuk diri dan keluarga serta mendoakan teman-teman yang belum bisa masuk sekolah karena sakit. Selesei sudah sesi doa.

"Mas, mbak, setelah melipat mukena dan sajadah bersih-bersih ya."
"Okay kak siap."

Bersih-bersih dimulaaiii, anak perempuan membersihkan bagian kelas sedangkan anak laki-laki membersihkan halaman dan taman kelas. Mereka seketika mengambil sapu, sapu lidi, ekrak, vacum cleaner dan peralatan bersih-bersih lainnya.

"Waah, mas mbak keren banget. Kelas dan halaman bersih no sampah. Rapi pula."
"Jelas dong kak," ucap salah satu anak.
"Nah teman-teman silahkan setelah cuci tangan segera ke perpustakaan."
"Siap kak. Yeay pantun."

Ya, anak-anak Alto Cumulus saat ini sedang demam pantun nih. Suka mencari-cari buku pantun, membaca, untuk kemudian membuat sendiri pantun ala mereka.

Kring...kring...kring...

Bel masuk pelajaran sesi pertama dimulai. Semua turun kembali menuju kelas untuk sesi pelajaran pertama.

"Mas, minta tolong bukunya di kembalikan ke tempatnya ya."
"Baik kak."

Di sesi pertama anak-anak Alto Cumulus belajar tentang membaca tanda waktu dan waktu 24 jam. Waah ternyata pada keren-keren memang. Semuanya bisa memahami dengan baik dan cepat. Makin sayang deh sama Alcum. Usai sesi pertama selesai maka waktunya anak-anak untuk snacktime yummy.

Dan setelah 30 menit, waktu menunjukkan pukul 10 maka anak-anak kembali masuk ke kelas untuk belajar dan bermain di sesi kedua yeaay. Ternyata waktu berlalu sangat cepat hingga sudah menunjukkan pukul 11.00. Waktunya pergantian mapel nih. Dan mapel di pukul ini adalah bermain angklung bersama Kak Apri. Kali ini teman-teman Alcum memainkan angklung lagu Twingkle twingkle Little Star dan Hujan. Ketika di lagu pertama anak-anak tampak bersemangat dan mudah membawakannya. Tapi menginjak lagu kedua dengan perpindahan not yang cepat anak-anak terlihat agak kesulitan nih.

"Kak Apri, mbok jangan ini lagunya. Main angklung itu kayak horror bagiku."
"Mas, mbak, kakak ingin kalian berusaha. Temen-temen pasti Bisa kok."
"Iya Kak Rosa."
"Sip."

Akhirnya teman-teman berusaha memainkan lagu tersebut menggunakan angklung hingga waktu sholat tiba. Usai sholat anak-anak makan siang dan melanjutkan pembelajaran hingga sesi terakhir dan pulang pukul 14.00.

Hari ini saya belajar KISS, mengatakan apa yang kita inginkan bukan yang kita tidak inginkan, ganti kata "tidak bisa" menjadi "bisa", jelas dalam memberikan pujian serta mengendalikan intonasi suara dan gunakan suara ramah dalam berkomunikasi hari ini.

Yeaay alhamdulillah, Good Job Oca, kita sudah menginjak hari kelima lho. Sampai berjumpa di kisah selanjutnya. Love you!

#hari5
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institute.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar