Kamis, 08 Februari 2018

Mengembangkan Potensi Siswa? Gampang Kok

Gimana ya Caranyaaa???

Yukk para Guru pahami ini 😊

1. Memahami karakter siswa untuk lebih mengenal kecerdasan yang dimilikinya. Guru itu penyelam, masing² siswa punya harta karunnya sendiri². Jadi sebelumnya kita harus memahami siswa kita dulu.

2. Bekerja sama dengan orangtua siswa dalam memahami bahasa bakat dan potensi yang dimiliki anak.

3. Menyusun lesson plan dan kegiatan pembelajaran yang mencuatkan bahasa bakat anak melalui kegiatan kaya wawasan, kaya kegiatan, kaya gagasan. Kaya wawasan itu seperti kita mengajak berdiskusi, role playing, dan fieldtrip. Kaya kegiatan itu seperti bekerjasama, kegiatan yang dihubungkan dengan lingkungan sosial seperti pembelajaran tentang jual beli dll. Kaya gagasan itu lebih ke problem solving dan menciptakan inovasi.

4. Memberikan kesempatan terhadap siswa untuk melakukan apapun yang dia sukai dan berapapun jumlah kegiatan yang dia sukai. Biarkan mereka mencoba dan jangan sampai kita men"judge" langsung bahwa "oh, potensi siswa saya ini". Biarkan berkembang dulu sambil kita memfasilitasi apa yang sekiranya dibutuhkan.

5.Memberi pengakuan atas segala usaha. Setiap orang apalagi anak itu suka diakui. Karena diakui bikin kita bangga, percaya diri dan bahagia. Di dalam pengakuan itu sendiri kita bisa berupa kata² atau memamerkan bakat dan potensi mereka lewat pameran bakat misal.

Jadilah Gurunya Manusia yak😊
Salam guru hebat💕

1 komentar: